Detik.com Salah Satu Situs Berita Terpopuler di Indonesia, Ternyata Begini Sejarah Perkembanganya

Detik.com Salah Satu Situs Berita Terpopuler di Indonesia, Ternyata Begini Sejarah Perkembanganya

topsiteler.net – Hampir sebagian besar orang yang suka mengikuti berita seputar Indonesia dan internasional, pasti tahu tentang Detik.com sebagai salah satu situs berita yang populer di Indonesia. Berbeda dengan situs berita lainnya, Detik.com hanya menggantungkan pendapatannya dari iklan sehingga hanya memiliki edisi daring. Situs ini sendiri sudah diluncurkan dan dikembangkan sejak Juli 1998 dan pada Agustus 2011 menjadi bagian dari PT Trans Corporation sebagai salah satu anak perusahaan CT Corp.

Berita yang disajikan dalam Detik.com juga cukup bervariasi mulai dari seputar politik, peristiwa, keuangan, gossip artis, kesehatan, otomotif, forum, wolipop dan masih banyak yang lainnya. Sehingga tak heran jika pengikut portal berita ini memang cukup banyak dan saat ini sudah bisa diakses melalui aplikasi yang dapat dipasang di smartphone sehingga semakin memudahkan pembacanya.

Sebenarnya server Detik.com sudah bisa diakses sejak Mei 1998 namun pada saat itu belum siap untuk daring sehingga peluncuran resminya baru dilakukan pada Juli 1998, tepatnya pada tanggal 9. Sehingga setiap tanggal 9 Juli ditetapkan sebagai hari kelahiran dari portal yang didirikan oleh Budiono Darsono, Yayan Sopyan, Abdul Rahman dan Didi Nugrahadi tersebut.

Awalnya Detik.com memang hanya lebih fokus pada peliputan seputar ekonomi, politik dan teknologi informasi saja. Namun setelah sistem politik di Indonesia mereda dan ekonomi juga membaik, Detik.com  memutuskan untuk merambah berita seputar olahraga dan hiburan juga. Tujuannya tentu untuk memenuhi kebutuhan pembaca terutama masyarakat Indonesia. Bertumpu dengan vivid description, Detik.com menjadi portal berita yang cukup fenomenal di kalangan pengguna internet.

Sejak awal peluncurannya, Detik.com menerima 30.000 hits atau jumlah penayangan ke sebuah situs dengan lebih dari 2.500 user atau pelanggan interent. Lalu Sembilan bulan kemudian, Detik.com memiliki jumlah pengunjung 7 kali lipat dari jumlah bulan pertama tersebut. Informasi terbaru, Detik.com mampu mendapatkan jumlah kunjungan mencapai 2,5 juta per harinya. Tidak hanya dari jumlah hits-nya saja. Detik.com juga memiliki perhitungan berdasarkan jumlah page view-nya atau jumlah akses halaman dimana portal berita ini memiliki jumlah akses mencapai 3 juta setiap harinya sehingga dapat menempati posisi ke-4 tertinggi dari Alexa.com.

Baca juga : Asal Mula Kaskus dan Pendirinya Andrew Darwis

Sayangnya, Detik.com sempat mendapatkan kritik karena banyaknya penayangan iklan yang cukup memenuhi halaman. Bahkan halaman Detik.com pernah menampilkan iklan hingga 80% dari halaman sehingga cukup mengganggu dan membuat loading ke halaman menjadi lama. Sehingga karena protes dari para pengguna,pada 2008 Detik.com mulai menata tampilannya agar iklan-iklan dapat ditampilan secara lebih rapi.

Anda juga pengikut setia Detik.com? Portal ini memang cukup recommended untuk menyajikan berita dan beragam informasi yang up to date.