Asal Mula Kaskus dan Pendirinya Andrew Darwis

Asal Mula Kaskus dan Pendirinya Andrew Darwis

topsiteler.net – Seperti yang kita ketahui bahwa Kaskus merupakan salah satu portal yang cukup populer saat ini. Pendirinya adalah Andrew Darwis yang dibantu dengan dua rekannya bernama Budi dan Ronald. Dengan modal awal Rp 30 ribu saja, mereka memutuskan untuk membeli server dan mengembangkan kaskus. Kaskus sendiri berasal dari kata kasak kusus yang memiliki makna bergosip. Portal ini berisi berita maupun informasi seputar Indonesia.

Menurut Andrew Darwis, portal Kaskus dibuat untuk memuaskan kerinduan masyarakat Indonesia yang ada di luar negeri. Dengan perkembangan bisnis online yang semakin pesat, turut membantu Kaskus juga memiliki perkembangan yang cepat. Lebih dari 40 juta pengguna internet Indonesia menjadi target pasar yang memang potensial.

Andrew sendiri mengaku bahwa ia mengalami kendala berat saat awal pembentukan Kaskus dimana dirinya harus turun tangan langsung dan memperbaiki jika ada server yang mengalami down. Karena memang pada saat itu, Andrew belum memiliki karyawan. Apalagi dirinya juga harus pindah ke Jakarta dan harus meyakinkan customer dan advertiser terkait citra Kaskus.

Tidak sampai satu memang Andrew dan timnya berusaha untuk promosi door to door untuk mengenalkan positioning Kaskus. Kaskus launching pertama kali pada Desember 2008 dan ternyata cukup menarik perhatian client-client besar. Dua bulan setelah launching, Kaskus secara resmi menjadi perusahaan profesional di bawah PT. Darta Media Indonesia. Menginjak tahun 2011, Kaskus sudah memiliki lebih dari 3,5 juta member aktif dan hingga saat ini terus bertambah. Target pasar Kaskus sendiri adalah usia 15 hingga 40 tahunan, baik untuk kalangan pelajar, mahasiswa, karyawan, profesional dan entrepreneur.

Andrew pun tak luput dari perhatian public, terbukti dari berbagai penghargaan yang diterima Andrew seperti The Best Indonesian Communities 2005 dan 006 versi Alexa.com dan Wikipedia. Selain itu, Andrew juga mendapatkan penghargaan dari Microsoft sebagai Kaskus Indonesia Innovative Top Web Sire tahun 2008. Serta masih banyak penghargaan-penghargaan yang didapatkan Andrew.

Saat ini, Andrew memiliki 30 orang karyawan untuk mengatur kaskus.us yang terbagi menjadi beberapa tim yaitu sales, marketing, IT dan creative. Kaskus kini menjadi sebuah situs yang memang sangat fenomenal dan sudah memberi penghasilan Andrew hingga 600 juta setiap bulannya. Andrew pun memiliki komitmen untuk terus mengembangkan situsnya dan mengincar pengguna internet dari luar negeri. Sebuah prestasi yang cukup membanggakan mengingat Kaskus adalah portal populer karya anak bangsa.

Andrew sendiri saat ini menjabat sebagai CTO (Chief Technology Officer) PT Darta Media Indonesia (Kaskus) yang sekaligus sebagai pemilik atau owner dari Kaskus Network melalui PT Darta Media Indonesia tersebut. Perjalanan Andrew cukup menginspirasi banyak orang agar tidak patah semangat untuk meraih kesuksesan di masa muda.